Sudahkah Anda Menutup Aurat dengan Benar?

Kamis, 22/02/2018 14:24:38


Menutup aurat merupakan suatu salah satu kewajiban yang diperintahkan Allah kepada hamba-Nya berjenis kelamin perempuan. Kewajiban menutup aurat ini difirmankan langsung oleh Allah SWT melalui ayat-ayat Al Quran dan Hadits nabi.

Pada dasarnya apa yang diwajibkan oleh Allah SWT merupakan kebaikan bagi manusia, termasuk perintah menutup aurat. Perempuan yang menutup aurat berati dia telah menjaga kehormatannya. Perempuan berjasa karena telah menyelamatkan orang laki-laki terbebas dari nafsunya. Nafsu karena melihat bagian atas atau bawah perempuan yang terbuka dan mendengar suara lembut perempuan.

Beberapa tahun belakangan mode busana muslimah rupanya menjadi tren baru bagi industri busana. Sayangnya belum semua yang benar menerapkan konsep syar’i sepenuhnya. Seorang perempuan belum dibilang menutup aurat manakala busana alias pakaian yang ia kenakan membentuk lekuk tubuh yang ramping gemulai.

Begitu halnya dengan hijab. Beragam model dan bentuk hijab yang silih berganti berubah tren, rupanya masih ada yang melenceng dari konsep syar’i. Salah satu Ustadz kondang, Abdul Somad menuturkan dua tren model jilbab masa kini. Ada jilbab pasrah, bagian belakang tertutup namun nampak sebagian rambut kepala bagian depan. Kedua model hijab sakaratul maut. Yaitu jenis hijab yang ukurannya sangat panjang, sehingga penggunaannya harus dililit dua-tiga kali putaran di bagian kepala, sementara di bagian depan hanya tertutup sedikit.

Prinsip dasarnya menutup aurat adalah suatu kewajiban mutlak, namun mengenai cara dan modelnya bergantung dari budaya masing-masing wilayah atau negara. Itu artinya bahwa tidak ada ketentuan mutlak mengenai apa dan model hijab atau busana muslimah itu sendiri. Meski demikian bukan berati sembarang mengenakan hijab atau pakaian dengan alasan yang penting aurat sudah tertutup. Poin penting perempuan muslimah menurut Ustadz Abdul Somad ada tiga hal. Pakaian itu tidak tipis, tidak transparan dan ukurannya tidak sempit sehingga menggambarkan bentuk tubuh perempuan.

Lantas bagaimana dengan mereka yang belum menutup aurat alias berhijab? Mengenai pertanyaan ini Ustadz Somad, panggilan akrab dari Ustadz Abdul Somad menuturkan bahwa kita tetap berkewajiban memberikan nasihat dengan tutur kata yang baik dan tidak menyinggung perasaan orang yang belum berhijab. Sebagaimana Ustadz Somad menirukan jawaban Buya Hamka saat ada seorang perempuan cantik tak berhijab dan kuku tangannya penu dengan kutek [red.pewarna kuku] datang kepadanya seraya bertanya ‘Bagaimana dengan nasibnya yang belum mau berhijab”?. Lalu Buya Hamka dengan lembut menjawab ‘Kalau imanmu menebal kutekmu menipis’, sungguh sebuah jawabab yang indah keluar dari ucapan Buya Hamka itu tetap diingat oleh Ustadz Somad

Berita asli, klik link ini http://pocimedia.com/Tazkiyatun-Nafs/details/203/Benarkah-Auratmu-Sudah-tertutup?-Ini-Jawaban-Ustadz-Somad




Download File