RISET KUANTITATIF VS KUALITATIF, APA BEDANYA? (2)

Senin, 18/12/2017 10:30:42


Karuniamandiri.co.id – Riset atau penelitian merupakan salah satu aktivitas yang populer, bahkan lumrah di kalangan pelajar. Hampir setiap akademisi pernah menulis atau melakukan riset, baik dengan pendekatan kuantitatif maupun kualitatif.

Kali ini penulis akan melanjutkan bahasan terkait riset kualitatif. Berdeda dengan sebelumnya (Baca: riset kuantitatif), riset kualitatif merupakan jenis studi yang lebih menekankan kedalaman suatu fenomena. Riset kualitatif bisa dikatakan jenis penelitian induktif, berangkat dari fenomena kecil untuk kemudian ditarik suatu kesimpulan teoritis.

Salah satu sumber di internet mendefinisikan riset kualitatif sebagai jenis penelitian yang menekankan aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah. Ini berarti studi kualitatif tidak bertujuan untuk generalisasi atau mencari kecenderungan sebagaimana pada riset kuantitatif. Namun lebih mencari pemahaman mendalam terhadap suatu masalah.

Seorang pakar Studi Ilmu Komunikasi, Deddy Mulyana menjelaskan dalam bukunya bahwa studi kualitatif menekankan pada makna dan terikat nilai. Studi ini dipergunakan untuk mengetahui makna tersembunyi, memahami interaksi sosial, untuk mengembangkan teori, memastikan kebenaran data, dan meneliti sejarah perkembagan.

Lebih lanjut, Deddy mendeskripsikan beberapa karakteristik atau ciri riset kualitatif:

  • Menggunakan latar alamiah atau pada konteks dari suatu keutuhan (enity)
  • Menggunakan instrumen manusia, baik peneliti sendiri atau dengan bantuan orang lain
  • Analisis data secara induktif
  • Lebih menghendaki arah bimbingan penyusunan teori subtantif yang berasal dari data
  • Riset kualitatif mengumpulkan data deskriptif (kata-kata, gambar) bukan angka-angka
  • Lebih mementingkan proses daripada hasil
  • Penelitian kualitatif meredefinisikan validitas, realibilitas dan objektivitas dalam versi lain dibandingkan dengan yang lazim digunakan dalam penelitian klasik
  • Penelitian kualitatif menyusun desain yang secara terus menerus disesuaikan dengan kenyataan lapangan (bersifat sementara)

Teknik penggalian data pada jenis riset ini bermacam-macam. Diantaranya melalui wawancara mendalam, FGD (Focus Grub Discussion), observasi, dokumentasi. Sementara teknik analisis yang populer di kalangan studi kualitatif seperti analisis wacana kritis, analisis teks (content analisis) dan sebagainya.

Beberapa contoh judul riset kualitatif,Pola pembelajaran siswa di sekolah x, Persepsi Dan Perilaku Merokok Mahasiswa PGSD, strategi pemasaraan rumah sakit dalam meningkatkan brand, Evaluasi Kebijakan Pendidikan Inklusif, representasi perempuan cantik pada iklan sabun mandi di era 90an, analisis wacana eksploitasi perempuan pada program x di televisi dan masih banyak lagi judul menarik.




Download File