Ngobras Bisnis, Trik Menemukan Inspirasi Bisnis

Kamis, 26/10/2017 16:06:39


9 dari 10 pintu rezeki ada dalam perdagangan, Al Hadits

Surabaya, 'Kenapa sih kita harus bisnis'? sebuah pertanyaan yang dilontarkan mengawali pertemuan sore itu dengan belasan anak-anak Yatim binaan Yayasan Karunia Mandiri Wilayah Kedung Asem. Ada yang menjawab dengan berbisnis bisa punya banyak uang. Ada juga yang menjawab orang yang punya bisnis bebas mengatur waktunya. Ya, semua jawaban yang dilontarkan anak-anak itu benar. Islam menganjurkan ummatnya untuk bisnis atau berniaga. Bahkan diriwayatkan dalam sebuah hadits bahwa sembilan dari 10 pintu rezeki ada dalam perdagangan. 

Lantas, yang menjadi pertanyaan sebagian besar peserta yang datang pada diskusi sore itu adalah bagaimana memulai binis, apa yang harus dijual dan mungkinkah seorang anak kecil berbisnis? Jawaban pertama, untuk mencari ide atau inspirasi bisnis, maka hal pertama yang kita lakukan adalah mengamati kondisi sekitar rumah. Cari tahu apa saja masalah yang dialami oleh tetangga, teman dekat atau teman sekolah. 

Setelah tahu masalahnya, barulah kita memikirkan ide untuk mencari solusinya. Solusi inilah yang mungkin bisa kita jadikan peluang untuk berbisnis. Jika sudah punya gambaran produk yang akan dipasarkan, coba cari tahu dulu apakah ada orang lain yang sudah menjualnya terlebih dahulu. Kita bisa melakukan mini riset untuk menentukan harga produk serta apakah perlu dimodifikasi atau tidak. 

Misalnya saja baso atau biasa dipanggil pentol. Dengan mudahnya kita bisa melihat penjual pentol bertebaran dimana-mana.Untuk membedakan pentol yang akan kita buat dengan yang sudah dijual oleh pedagang lain, kita harus memodifikasi. Caranya bisa dengan variasi rasa, isi pentol dan sebagainya. Seperti pentol beranak, pentol buto ijo, pentol jamur dan lain-lain.

Terakhir, jangan lupa untuk promosi. Agar produk kita dikenal banyak orang, tentu harus dipromosikan. Caranya cukup mudah dan banyak strategi. Salah satu cara yang efektif dengan biaya paling murah adalah promosi lewat internet. Kita bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi internet dengan mengiklankan produk secara online. Bisa melalui blog, website dan forum di media sosial.aish